Mengapa dan Kenapa? Gunadarma? TI? Cita dan asa kelak?

Semua saya awali ketika saya mendapatkan kertas pengakuan yang menyatakan saya lulus. “LULUS” ya berarti saya harus tidak melanjutkan tujuan saya ditempat yang sama yaitu “SMA”. Semua yang saya bangun dan saya kerjakan diwaktu “SMA” mau tidak mau berakhir bukan? Semua, termasuk asa dan ekspektasi masa remaja saya. Pada waktu itu semua tertuju pada universitas “NEGERI” universitas impian setiap mahasiswa diseluruh pelosok negeri (tidak termasuk saya). Kenapa? kenapa tidak negeri? itu pertanyaan yang membelenggu saya waktu itu, saya bukan orang yang fanatik akan sesuatu walaupun saya tau dengan negeri masa depan cerah bisa cepat saya raih dan capai. Namun saya tahu semua sudah direncanakan Yang Maha Kuasa.

Mimpi saya tinggi, tetapi saya orang yang realistis dan dinamis. Semua yang saya lakukan berdasarkan atas apa yang ada dan tidak memaksakan kehendak pribadi. Akan tapi bukan berarti saya seorang yang apa adanya yang pasrah dengan  keadaan, bukan! Kenapa? Karena saya yakin disetiap kesempatan yang ada, pasti ditempatkan beberapa alternatif kesempatan yang terarah ketempat dan tujuan yang sama, asalkan dilakukan dengan ulet dan serius.

Dengan pertimbangan yang matang dikarenakan saya tidak diterima diuniversitas negeri, saya memutuskan untuk memilih gunadarma sebagai tempat untuk melanjutkan tujuan saya. Awalnya agak ragu, mungkin karena banyak anggapan negatif dan isu-isu yang tidak mengenakan. Namun itu semua saya hapus bersih, karena prestasi peringkat dunia yang saya lihat diwebsite “webometrics”. Gunadarma ternyata ada di peringkat 5 besar Indonesia. Ragu akan kebenaran website tersebut, saya mulai cari tahu kebenaran informasi itu dan mulai mencari tahu tanggapan dan prospek kedepan kepada senior dan orang yang pernah dan atau sedang berkuliah di Gundarma. Saya mendapatkan kebenaran dan hasil positif yang sangat memuaskan. Sayapun tidak ragu lagi memilih kampus ini.

Teknologi Informasi? kenapa TI? Sejak sd saya sangat gemar bermain game, bisa sampai berjam-jam, dan rutin setiap hari. Apa hubungannya “game” dengan “Teknologi Informasi”? Kebiasaan bermain game saya mulai tergantikan perlahan ketika  saya dibelikan sebuah “Personal Computer” waktu kelas 2 SMP. Sejak itu saya senang mengotak-atik computer pertama saya itu sampai-sampai rusak berulang-ulang dan diservis berkali-kali oleh ayah saya. Namun ayah saya tidak pernah marah akan hal itu, justru dia lebih senang melihat saya aktif mencari tahu dan mengeksplorasi akan sesuatu. Dia bilang “Ilmu itu lebih mahal ketimbang segala sesuatu ketika itu kelak bermanfaat buat seseorang dan orang lain”. Karena alasan itulah menurut saya jurusan “Teknologi Informatika” adalah jurusan yang tepat untuk mengembangkan kecintaan akan teknologi dan hasrat keingintahuan yang timbul berbarengan dengan keinginan saya menjadi seorang programmer.

Selama beberapa bulan saya masuk diuniversitas ini, awalnya ya mau tidak mau harus berkutat didalam dunia sosial yang baru dan amat sangat berbeda. Disini semua bergerak seseuai kepentingan masing-masing, semua teroganisir dengan rapih dan semua dilakukan atas dasar kewajiiban dan peraturan yang berlaku. Mungkin gak jauh berbeda sama waktu SMA dulu. Ya walaupun saya sadar ini gak sesuai ekspektasi saya yang mengganggap perkuliahan itu santai. Tapi selama beberapa bulan saya disini saya merasa bisa beradaptasi dengan baik dan menikmatinya, walaupun saya belum melakukan semua hal dengan maksimal.

Cita-cita dan asa saya kedepan, tentu mengutamakan kemaksimalan kemampuan saya semaksimal mungkin dalam segala hal dan lulus dengan predikat terbaik agar semua yang saya cita-citakan dapat terwujud dan tercapai dengan baik pula. Apapun yang saya cita-citakan biarlah saya pribadi yang tau, karena saya bukan tipikal yang suka mengumbar-umbar hal yang belum saya raih. Waktu dan Yang Maha Kuasa lah yang akan menjawab kelak. Semoga semua tercapai dengan baik (AMIN).

Leave a Reply

