User Interface Design

User Interface Design

Adalah sebuah bagian dari sebuah bidang studi yang disebut Interaksi manusia dan komputer. Interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari, merencanakan, dan merancang bagaimana komputer dan manusian bekerja bersama jadi orang tersebut butuh dipuaskan dalam cara yang efektif. Designer IMK harus memikirkan bermacam-macam faktor: apa yang orang-orang nginkan dan harapkan, apa batasan fisik dan kemampuan seseorang mempengaruhi, bagaimana pengetahuan dan informasi mereka bekerja, dan apa kenyamanan dan hal yang menarik yang orang cari.

User interface adalah bagian dari komputer dan software yang orang-orang dapat lihat,dengar,sentuh,berbicara, atau sebaliknya, dapat mengerti atau mengarahkan. User interface mempunyai dua element penting: input dan Output. Input adalah bagaimana orang berkomunikasi dengan komputer. Beberapa komponen input yg biasa digunakan adalah keyboard, mouse, trackball, sebuah jari (untuk touch screen) dan sebuah suara (untuk instruksisuara). Output adalah bagaimana komputer menyampaikan hasil dari komputasi dan requirment kepada user. Sekarang output yang umum dari komputer adalha sbuah layar, diikuti oleh mekanisme yang menguntungkan orang-orang dengan kemampuan yang berhubungan seperi suara dan bunyi. Penggunaan dari indera penciuman dan peraba manusia masih belum tereksplorasi.

Interface yang tepat akan memberikan kolaborasi dari desain yang baik dan mekanisme output yang memberikan kepuasan,kemampuan,dan batasan dalam cara-cara efektif yang mungkin dari yang user inginkan. Interface terbaik merupakan salah satu yang tidak diperhatikan, dan diperbolehkan user untuk fokus kepada informasi dan tugas yang dikerjakan untuk menampilkan informasi.

Namun pada beberapa kasus terdapat interface yang buruk yang tidak dapat memenuhi dan memberikan kepuasan dalam menampilkan informasi maupun berinteraksi kepada pengguna. Sehingga membuat pengguna kesulitan dan kebingungan berinteraksi dengan interface yang ada. Berikut contohnya:

badui2

Beberapa alasan mengapa interface diatas buruk:

  • Tata letak yang tidak beraturan dan terkesan asal-asalan.
  • Ada kolom-kolom yang tidak jelas kegunaan dan fungsinya.
  • Sangat sulit membedakan antara data dan informasi yang terdapat interface tersebut.
  • Tidak konsisten dalam memberi aturan warna pada button tools-tools yang ada.
  • Ukuran dan warna font yang tidak berkesesuaian, membuat bingung pengguna tentunya.
  • Desain yang buruk, membuat pengguna malas melihat maupun menggunakannya.

Berikut saran yang saya kutip dari forum yang membahas mengenai desain interface yang baik:

  1. Konsistensi
    Sebaiknya dalam menyusun menu, toolbars, penempatan komponen, dan pemilihan warna mengikuti kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya. Kriteria ini dibutuhkan agar ada keseragaman dan pola yang tetap untuk interface yang akan disusun. Hal ini berguna bila terdapat lebih dari satu interface yang akan dibuat.
  2. Adanya standar/acuan
    Pada umumnya suatu produk yang baik dapat membantu user dengan cepat dalam mempelajari interfacenya. Simbol-simbol yang sudah dikenal hendaknya dapat dijadikan acuan dalam merancang user interface. Hotkey yang biasanya digunakan oleh suatu software dapat juga dijadikan sebagai acuan. Dengan demikian ada standar dalam desain sebuah user interface (dan pembangunan perangkat lunak). Kita dapat mengacu pada standar yang biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, misal: IBM/Microsoft.
  3. Aturan
    Aturan perlu dijelaskan agar user/pengguna dapat mengetahui secara pasti bagaimana sebuah aplikasi itu dapat dijalankan. Bahkan untuk alat yang kecil sekalipun ada panduannya (user guide). Penjelasan terhadap aturan-aturan tersebut hanya perlu dilakukan satu kali saja (agar konsisten dan tidak menimbulkan persepsi yang lain.
  4. Perhatikan user yang novices & experts
    Pengguna bisa saja dari kalangan awam atau orang yang sama sekali baru, dan bisa juga pengguna adalah orang-orang yang sudah ahli, untuk itu perlu ada sistem yang mengadopsi kebutuhan keduanya. Untuk pengguna umum ada cara yang mudah dan untuk mereka yang ahli ada cara cepat.
  5. Navigasi
    Masalah navigasi antar layar adalah masalah penting. Alur antar layar harus sesuai dengan alur kerja pengguna, sehingga pengguna tidak mengalami kesulitan dalah menyelesaikan tugas/pekerjaannya.
    Namun ada beberapa karakter pengguna yang tidak sama satu sama lain, cara bekerja mereka juga berbeda. Sistem yang dibuat harus cukup fleksibel untuk mendukung pendekatan-pendekatan yang mereka lakukan.
  6. Navigasi dalam 1 layar
    Navigasi yang secara spesifik dalam 1 layar yang perlu diperhatikan adalah urutan-urutan yang mana biasanya dimulai dari kiri ke kanan kemudian dari atas ke bawah. Selain itu navigasi antar widget harus jelas kesinambungannya.
  7. Label
    Pemilihan kata/message/label harus cocok, artinya sesuai dengan fungsi atau keperluannya. Pemilihan kata yang tidak tepat akan mempengaruhi persepsi. Pemilihan kata-kata yang baik dan menggunakan kalimat lengkap akan lebih baik dibandingkan dengan penggunaan singkatan-singkatan atau kode.
  8. Widget
    Pahamilah widget yang akan digunakan, dengan demikian penggunaan widget yang tepat benar-benar untuk tugas-tugas (task ) yang benar dan tepat juga. Dalam hal ini standar user interface yang digunakan oleh organisasi yang bersangkutan harus benar- benar dibaca lebih dahulu dan dipahami agar tidak ada kesalah pahaman.
  9. Lihat aplikasi lain
    Ada baiknya melihat aplikasi sejenis dan melihat pekerjaan orang lain untuk mendapatkan ide. Namun hati-hati agar tidak terjebak untuk mengikuti disain user interface yang buruk.

Referensi:

  1. http://perencanaan.blogdetik.com/2011/12/desain-user-interface/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s